profil

Minggu, 16 Oktober 2011

prasangka negatif

" Tuhan kami, janganlah jadikan kami  (sasaran) godaan bagi orang yang tiada beriman. dan ampunilah kami tuhan ! sungguh, Kaulah yang mahga perkasa, Yang maha bijaksana."
QS Al Muantahanah 60:5



pada suatu pagi, dalam sebuah rapat antar departemen, hasil evaluasi rutin bulanan sedang dibicarakan. seseorang tiba-tiba menguap ditengah rapat yang berlangsung serius. peserta lain spontan menoleh kearahnya, dan atasannya pun tak ayal menggelengkan kepalanya. sang bos, yang merangkap sebagai pimpinan rapat, langsung menegurnya," Saya kecewa sekali dengan anda. tampak anda tidak peduli dengan rapat serius ini!"

kariawan itu langsung tertunduk. dengan wajah pucat iya berkata lirih, " maaf saya ingin menyampaikan bahwa seharusnya saya tidak bisa ikut rapat ini. tapi mengingat rapat ini sangat penting, saya mencoba untuk hadir." matanya berkaca-kaca," Tadi malam, anak saya mengalami kecelakaan, dan saat ini di rawat di ICU, dalam keadaan tidak sadar. jadi, tadi malam saya tidak bisa tidur."

semua peserta rapat langsung terperangah. mereka terjerumus pada prasangka dan belenggu pikiran yang menganggap bahwa : jika ada orang menguap ditengah rapat penting, maka orang tersebut " tidak antusias", sebuah prasangka negtif telah terjadi.

PRASANGKA POSITIF VS PRASANGKA NEGATIF


" kebanyakan mereka hanya mengikuti dugaan semata. sungguh, dugaan tiada berguna sedikitpun melawan kebenaran. sungguh, Allah mengetahui segala yang mereka lakukan."
QS Yunus|( nabiyunus)10:36

Tidak ada komentar: